'

'

TATA SURYA (MATERI LENGKAP YANG JARANG DITEMUI DI BUKU )

Posted by

TATA SURYA (MATERI LENGKAP YANG JARANG DITEMUI DI BUKU )


1. Pengertian 
Pengertian Tata Surya dan Anggota Tata Surya | Tata surya (solar system) adalah kumpulan (susunan) dari matahari, planet, asteroid, komet, satelit, meteor, dan debu ruang angkasa dengan matahari sebagai pusat peredarannya. Pusat tata surya adalah matahari, hal ini sesuai dengan teori heliosentris, yakni teori yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari. Teori ini dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus, seorang astronom Polandia. Teori heliosentris mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat tata surya dan planet-planet bergerak mengitarinya. Anggota-anggota tata surya terdiri dari:

a. Matahari:  Matahari merupakan bintang dan sebagai pusat tata surya serta dikelilingi planet-planetnya. Matahari dianggap sebagai bintang sejati.
b. Planet:  Planet adalah bintang yang beredar dan gerakannya membentuk garis elips dan beredar mengelilingi matahari. Nama-nama planet anggota tata surya (mulai dari terdekat matahari); Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranis, dan Neptunus.
c. Asteroid: Asteroid adalah gugusan (kumpulan) benda-benda kecil seperti planet yang beredar mengelilingi matahari, dan terletak di antara lintasan planet Jupiter dan planet Mars.
d. Komet: Komet atau bintang berekor adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar (orbit) yang bentuknya sangat lonjong. Contoh komet antara lain; Komet Halley, Komet Encke, Komet Brooks, dan Komet Cogging Stephen.
e. Satelit: Satelit adalah benda langit yang beredar mengelilingi planet dan berotasi di sumbu atau porosnya.
Meteor: Meteor adalah benda langit yang berpijar akibat gesekan dengan atmosfer bumi dengan kecepatan yang tinggi. Meteorit adalah meteor yang jatuh ke bumi.
Rotasi bumi
Kali ini saya akan membagikan info mengenai 12 akibat rotasi bumi. Sesuai judul blog ini , mungkin kalian tidak akan menemukan akibat rotasi bumi di sumber lain sebanyak di postingan ini. Langsung baca aja ya!! jangan lupa komen
1.Terjadinya perubahan waktu
2.Terjadinya perubahan arah angin
3.Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
4.Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
5.Terjadinya pergantian siang dan malam
6.Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
7.Terjadinya pembelokan arah angin
8.Terjadinya gerak semu harian matahari dan benda - benda langit lainnya
9.Terjadinya gaya coriolis
10.Dapat berfungsinya satelit
11.Terjadi perubahan arah bandul ( efek faucault )
12.Adanya Jetlag Bila kita naik pesawat
Revolusi Bumi
Revolusi Bumi ? Apa sih ? Apa sih akibatnya ?
Sebelumnya saya akan bercerita tentang ilmu astronomi. Astronomi merupakan ilmu paling tua. Nenek moyang kita sudah mempelajari ilmu Astronomi ratusan tahun yang lalu. Lalu apa buktinya ? Buktinya yakni adanya kalender jawa, dan lain-lain.

Revolusi bumi merupakan gerak memutarnya bumi terhadap matahari. Tapi sebelumnya kamu tahu berapa macam sih gerak bumi ? Kebanyakan hanya tahu 2 yakni berputar pada poros ( rotasi ) dan berputar pada matahari ( revolusi ).
Nah apa sih gerak bumi versi lengkap Blog Pelajaran Lengkap ? Ini dia jawabannya :
- Gerak berubahnya arah poros bumi
- Gerak berputarnya bumi terhadap sumbunya ( rotasi )
- Gerak berputarnya bumi terhadap matahari
- Gerak berputarnya bumi bersama-sama matahari mengelilingi pusat galaksi
Lalu akibat dari revolusi bumi yakni :
1) Adanya perubahan lamanya waktu siang dan malam 
Negara-negara di belahan bumi utara dan selatan memiliki perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Selain diakibatkan oleh sudut kemiringan poros bumi, juga diakibatkan oleh revolusi bumi. Kenapa ? Karena dalam berevolusi, bumi dapat terletak di apotema atau hipotema.
Tahu ngga apotema dan hipotema itu ? Apotema adalah titik terjauh bumi dengan matahari sedangkan hipotema kebalikannya yakni titik terdekat bumi dengan matahari
2) Adanya perubahan rasi bintang
Coba kamu lihat langit malam pada bulan yang berbeda-beda. Pasti bentuknya berbeda-beda kan ? Pada bulan ini di langit ada rasi bintang waluku, pada bulan berikutnya ada rasi bintang scorpio, dan seterusnya. Nah hal ini disebabkan oleh revolusi bumi juga.
3) Adanya gerak semu tahunan matahari
Gerak semu tahunan yakni gerak berubahnya posisi matahari. Maksud ? Kalo ngga maksud begini logikanya. Misal ada dua gunung. Nah pada bulan Januari, matahari hari terbit di samping gunung yang pertama. Pada bulan april, matahari terbit diantara kedua gunung. Pada bulan juli ada disamping gunung kedua. Lalu pada oktober kembali berada di antara gunung itu. Kemudian pada bulan desember ada pada samping gunung pertama. Dan seterusnya.
4) Adanya perubahan musim
Perubahan musim yang terdiri dari 4 musim yakni dingin,semi,gugur, dan panas hanya terjadi di belahan bumi utara dan selatan. Sayang, indonesia tidak memiliki keempat musim itu karena indonesia berada di daerah katulstiwa.
5) Ditetapkannya kalender masehi
Coba saja kalau bumi tidak berevolusi. Pasti tidak ada kalender masehi kan?
Planet Yang Rotasinya Berlawanan Arah
Semua planet di tata surya berputar berlawanan arah jarum jam, kecuali satu. Venus adalah satu-satunya planet yang berputar searah jarum jam. Venus (radius 3,760.4 mil) mirip dengan Bumi (radius 3,963.19 mil) dalam ukuran dan struktur tetapi berputar sangat lambat; satu hari di Venus adalah 243 hari Bumi.
Bumi adalah planet yang padat(5,515 g/cm3) di tata surya dan satu-satunya planet yang tidak bernama dewa. Bumi mengorbit matahari pada kecepatan rata-rata 66.629 mph (107 229 km / jam). Satu tahun di bumi adalah 365,24 hari. Satu hari adalah 23 jam, 56 menit dan 4,06 ******* Hari ekstra dalam tahun kabisat diperkenalkan untuk mengimbangi perbedaan dalam kalender Georgia.
Dan ingat juga, bahwa bumi tidak bulat sepenuhnya, melainkan sedikit berbentuk buah pir. Jari-jari Kutub Utara adalah 44mm lebih panjang dari jari-jari Kutub Selatan. Lempeng yang tepat berada di bawah daratan bermigrasi di permukaan bumi beberapa inci per tahun, sama dengan kecepatan untuk sebuah kuku tumbuh.
Satelit Yang Mempunyai Atmosfer
Pada bulan Januari 2005, satelit Huygens menembus langit berkabut Titan, satelit terbesar Saturnus. Satelit Huygens menjadi wahana antariksa pertama dan satu-satunya yang mendarat di alam yang sangat jauh dari Bumi — hal yang tidak mengejutkan, mengingat Huygens membutuhkan waktu 7 tahun untuk bisa sampai di sana! Quote: Titan merupakan salah satu tempat di Tata Surya yang paling mirip dengan Bumi. Seperti Bumi, Titan mempunyai atmosfer, tetapi lebih tebal dan lebih tinggi daripada atmosfer kita. Atmosfer tebal ini melingkupi permukaan Titan seperti selimut kabut berwarna oranye, menyembunyikan rahasia-rahasianya dari mata kita. Misi Huygens adalah menguak rahasia-rahasia ini dan dia berhasil! Huygens menyuguhkan ratusan foto bentangan alam Titan yang tidak biasa kita lihat! Quote: Kini, hampir 8 tahun lamanya sejak saat itu, para ilmuwan masih meneliti dunia alien ini dengan memanfaatkan informasi dari Huygens sebagai pengganti mata mereka. Butuh waktu 10 detik yang bikin deg-degan sejak tumbukan pertama hingga Huygens melambung, meluncur, dan terguncang hingga akhirnya berhenti sempurna. Para ilmuwan dari Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menciptakan simulasi komputer bagaimana pendaratan Huygens ini. Detik-detik setelah tumbukan ini telah menyingkap rahasia permukaan Titan. Pergerakan Huygens ketika mendarat menunjukkan bahwa terdapat lapisan tipis es di tempat pendaratan. Di bawahnya, tanahnya mirip sekali dengan pasir basah yang kita jumpai di pantai. Fakta menarik: Titan merupakan bulan terbesar kedua di Tata Surya, lebih besar dari Bulan kita, bahkan lebih besar dari planet Merkurius.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:17:00 AM

0 komentar:

Post a Comment