ROSPEK / PELUANG EKONOMI INDONESIA PADA MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Posted by

PROSPEK / PELUANG EKONOMI INDONESIA PADA MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)
Oleh : I Wayan Sukadana

I. Pendahuluan

MEA merupakan sebuah bentuk dari Free trade area (FTA) seperti EU (European Union) dan NAFTA . Pada dasarnya, pelaksanaan FTA ditujukan untuk meningkatkan kerjasama ekonomi diantara negara kawasan untuk meningkatkan sebuah ekspansi perdagangan (trade creation). Siapkah kita menghadapi persaingan di tahun 2015?  Indonesia dan  negara-negara di wilayah Asia Tenggara akan membentuk sebuah kawasan yang terintegrasi yang dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA  merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

III. Pembahasan
Baca Selengkapnya...........................DISINI

III. Kesimpulan
Dengan hadirnya ajang MEA ini, Indonesia memiliki peluang untuk memanfaatkan keunggulan skala ekonomi dalam negeri sebagai basis memperoleh keuntungan. Namun demikian, Indonesia masih memiliki banyak tantangan dan risiko-risiko yang akan muncul bila MEA telah diimplementasikan. Oleh karena itu, para risk professional diharapkan dapat lebih peka terhadap fluktuasi yang akan terjadi agar dapat mengantisipasi risiko-risiko yang muncul dengan tepat. Selain itu, kolaborasi yang apik antara otoritas negara dan para pelaku usaha diperlukan, infrastrukur baik secara fisik dan sosial(hukum dan kebijakan) perlu dibenahi, serta perlu adanya peningkatan kemampuan serta daya saing tenaga kerja dan perusahaan di Indonesia. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi penonton di negara sendiri di tahun 2015 mendatang.

Referensi
Anonim, 2015. Ekonomi Kreatif, Meningkatkan Daya Saing Indonesia Dalam Menghadapi MEA 2015. (Online) http://www.beastudiindonesia.net/id/pena-negarawa/637-ekonomi-kreatif-meningkatkan-daya-saing-indonesia-dalam-menghadapi-mea-2015. Diakses : 5 Juli 2015.

Suteja, J. 2015. MEA (Hampir) Didepan Mata. Journal :   Wakil Rektor 1 dan Dosen FE Unpas, Pengurus ISEI Kota Bandung.

Artikel ini adalah Kiriman, Jika anda ingin lebih lengkap atau ingin mempublikasikan Hasil Karya sastranya disini hubungi saya di kontak yang telah disediakan


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:56:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

PECINTA IPA WEBSITE PRODUCTIONS

PECINTA IPA WEBSITE PRODUCTIONS
loading...