ARTIKEL PKM-KC DUO SERIGALA (Alat Keselamatan Untuk Pendaki)

Posted by

ARTIKEL PKM-KC DUO SERIGALA
(Alat Keselamatan Untuk Pendaki)


Selamat datang para pecinta IPA dimanapun berada, sekarang kami akan mempublikasikan artikel yang sangat Super. Bukan hanya sekedar artikel biasa, tetapi artikel ini mengusung penemuan baru dibidang keselamatan bagi para pendaki/ Hiking/ Hill Walking . Yang cinta akan penemuan dan keselamatan mana Jempolnya ? siap-siap dan baca dengan baik. Sebelumnya kami akan memperkenalkan penulis artikel ini. 

Nama : Barru Kurniawan
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 21 November 1995
Latar pendidikan : Universitas Gadjah Mada, Prodi Elektronika dan Instrumentasi

ARTIKEL PKM DUO SERIGALA
Hill Walking atau yang lebih dikenal dengan Hiking adalah sebuah kegiatan olahraga mendaki daerah perbukitan yang kini populer dan mulai menjadi gaya hidup. Namun belakangan ini, banyak terjadi kasus kecelakaan pendaki yang membuat cemas banyak pihak terutama dikalangan pecinta alam. Oleh karena itu, lima mahasiswa UGM, Barru Kurniawan, Elok Nadia, Ramadhan Maulana, Oki Surya dan Rizka Apriliantini berinovasi dengan menciptakan sebuah alat yang membantu memberi penunjuk informasi keselamatan bagi pendaki.
Alat yang diberi nama Arduino based Safety Information for Guidance ( DUO SERIGALA ) ini memudahkan pendaki dalam mengakses informasi cuaca sekitar gunung serta menampilkan level keamanan juga dampaknya bagi kesehatan si pendaki. Dilengkapi pula fitur penunjuk arah navigasi ke puncak ataupun titik awal pendakian dan sebuah tombol S.O.S apabila membutuhkan pertolongan segera.

Barru Kurniawan, salah satu pengembang DUO SERIGALA, mengatakan bahwa alat ini bekerja dengan menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi data. Secara keseluruhan terdapat 3 alat yang memiliki fungsinya masing-masing dan dibagi menjadi router, coordinator dan end device. Router untuk memonitoring cuaca di puncak gunung, coordinator yang berada di titik awal pendakian menerima data tersebut untuk diteruskan ke end device yang dibawa pendaki, sekaligus melakukan tugas untuk mengupload data ke website.
"Melalui alat ini, pendaki dapat memantau keadaan sekitar begitu pula dengan tim yang berada di pos awal pendakian dapat memantau keadaan mereka, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, tim penyelamat dalam hal ini dapat langsung menuju lokasi pendaki karena sudah tahu posisi," ujar mahasiswa prodi Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada ini, Rabu(15/6). Pengembangan alat dilakukan di bawah bimbingan Budi Sumanto, S.Si., M.Eng

Pengembangan alat ini, imbuh Ramadhan, bermula dari keprihatinan terhadap maraknya kasus kecelakaan pendaki dikala popularitasnya saat ini. Hingga kini kami terus mengembangkan inovasi DUO SERIGALA. Harapannya, alat ini mendapat dukungan dari banyak pihak terutama mitra agar dapar terealisasi penggunaannya dan berguna bagi masyarakat.

Bagaimana Teman-teman ? Artikel yang sangat  Bagus, jika anda tertarik dan suka dengan artikel diatas , silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada orang terdekat dan terkasihi, terutama para pecinta Hill Walking/ Hiking/ Pendaki. Ingat keselamatan dan kesehatan yang utama. Terimakasih kepada saudara Barru Kurniawan, Dkk, yang telah mempublikasikan Penemuan (Ciptaan) dan Artikelnya, Untuk teman yang lain silahkan publikasikan artikelnya. Salam Sejahtera.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:24:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

PECINTA IPA WEBSITE PRODUCTIONS

PECINTA IPA WEBSITE PRODUCTIONS
loading...