'

'

EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) 2016 DOWNLOAD APLIKASI

Posted by

EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) 2016 DOWNLOAD APLIKASI
Gambar Ilustrasi EDS Sekolah
Selamat datang di blog pecinta IPA, sekarang saya akan mengulas sedikit mengenai Evaluasi diri Sekolah (EDS). Pada penasaran kan ? baiklah disini saya akan bahas mengenai beberapa poin pertanyaan yang kiranya ada di benak para pembaca. jika ingin mendownload aplikasinya silahkan Download aplikasi EDS terbaru disini.

A. Apakah  yang dimaksud EDS ?
Evaluasi diri sekolah adalah proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan untuk membantu sekolah dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

B. Apa nilai dasar EDS ?
Proses EDS ini secara mendasar menjawab 3 (tiga) pertanyaan kunci di bawah ini, yaitu:
1. Seberapa baikkah kinerja sekolah kita? Hal ini terkait dengan posisi pencapaian kinerja untuk masing-masing indikator SPM dan SNP.
2. Bagaimana kita dapat mengetahui kinerja sekolah? Hal ini terkait dengan bukti apa yang dimiliki sekolah untuk menunjukkan pencapaiannya.
3. Bagaimana kita dapat meningkatkan kinerja? Dalam hal ini sekolah melaporkan dan menindaklanjuti apa yang telah ditemukan sesuai pertanyaan di nomor 2 dan nomor 3 sebelumnya.
C. Tahapan dalam EDS ?
Tahapan pengembangan ini memiliki makna sebagai berikut:
1. Tahap ke-1, belum memenuhi SPM. Pada tahap ini, kinerja sekolah mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan.
2. Tahap ke-2, memenuhi SPM. Pada tahap ini, terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan tetapi masih sangat butuh perbaikan.
3. Tahap ke-3, memenuhi SNP. Pada tahap ini, kinerja sekolah baik, namun masih perlu peningkatan.
4. Tahap ke-4, melampaui SNP. Pada tahap ini, kinerja sekolah sangat baik, melampaui standar yang telah ditetapkan.

D. Apa Rencana Prioritas Yang ingtin dicapai ?
Penentuan prioritas harus dilakukan melalui diskusi bersama stakeholder pendidikan di sekolah dan bukan oleh Kepala Sekolah ataupun oleh Komite Sekolah saja. Penentuan prioritas ini harus berdasarkan atas kriteria-kriteria yang disetujui bersama, meliputi:
1) Kepentingannya:
• Relevansinya terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah.
• Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks.
2) Keterlaksanaan (Visibilitas):
• Kemampuan sekolah yang ada sekarang untuk memberikan dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi, waktu dan dana untuk mewujudkannya.
3) Akseptabilitas :
• Komitmen sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.

Bagaimana apakan sekarang masih bingung dengan yang namanya Evaluasi Diri Sekolah (EDS ) semoga dengan penjelasan singkat bisa sedidaknya dapat membatu. jika ingin mendownload silahkan Download aplikasi EDS terbaru disini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:16:00 PM

0 komentar:

Post a Comment