'

'

Pelestarian Bahasa Pedawa Sebagai Identitas Desa

Posted by

Pelestarian Bahasa Pedawa Sebagai Identitas Desa
Rumah Adat Desa Pedawa ( Bandung Rangki )


Om Sastyastu Teman-teman semua, sekarang saya akan menuliskan sedikit tentang pengalaman Indah, dan menarik mengenai Desa saya tercinta ( Desa Pedawa ). Pengalaman yang tidaka akan bisa dilupakan, Ikut membantu Penelitian Seorang dosen Sastra dari Universitas Udayana ( Dr. Dra. Ni Made Dhanawati, M.S. ). Karena Beliau meneliti tentang bahasa Pedawa saya semakin tertarik untuk berpartisipasi, walau saya tidak banyak membantu, Lebih banyak Beliau dan Teman-teman. Sesepuh Pak Wayan Sukrata dan Pemimpin muda  Pak Kd Satria ( I Kadek Satria, S.Ag, M.Pd.H ) Yang Paling banyak Membantu dalam Penelitian tersebut. 

Foto Bersama 
Pada kesempatan itu selain memeliti, dengan Saring, Wawancara langsung, banyak Ilmu yang kami dapatkan selaku pemuda pemudi. Dengan adanya penelitian ini, kami semakin semangat untuk melestarikan bahasa tercinta. Orang yang dari luar saja mempelajari bahasa pedawa, mengapa kami sebagai warga pedawa tidak menggunakannya ? ya memang harus karena bahasa Pedawa adalah identitas desa Pedawa. Pada kesempatan ini juga banyak memdapat Pengetahuan yang menarik nah sekarang tentang nama rumah ada pedawa adalah Bandung Rangki. Kalau rumah adat yang lain, di Sidatapa : Tumpang Salu Gajah Mekipu, di Cempaga : Sri Dandan, di Tigawasa : Pepaga. itu pengetahuan baru yang dapat ditelaah, untuk yang lain silahkan hubungi Pak Wayan Sukrata.

 Foto Pada Saat Sesi Wwancara
Agen basa Pedawan awae, pang awae tetep metaksu. Yen ko ngagen basa pedawa ara ba  lek, nak uba mekejang pada nawang. Agen  Basa pedawane nyak ko kejaa, nyak ngayang nyen, kal ngeliunang jani anae melajain basan awae Anak len jani neliti uli joh-joh gatine, ne Uli Jepang ada masi. Yen ngidaang apanga basa Pedawa dadi basa Induk mekejang Desa-desa Bali Aga di Bali. yen ngomong ngayang anak bali aga pastika kal ngagen basa pedawa bin pidan. nyak apa enggal ngidang ngae Kamus basa Pedawa. Yen ba pragat anae aluh melajain nyak nyen ya dadi melajain. ne malu, anae ane joh-joh ngoyong uli pedawa apanga ara engsap, nah akinto rang malu aku ngidang mebesen nang timpal-timpalkune pada ayang mekejang, aku nak nu belog masi, nu liu ne unden bakat pelajainku, yen ada nyak nambain mai pada melajah apang awae tara HAYWA LUPA RING KAMIMITAN

Teruna Teruni Desa Pedawa
Terimakasih saya Ucapkan Kepada Ibu Dr. Dra. Ni Made Dhanawati, M.S. beserta Mahasiswa Galuh, Mei dan Yuni. Sesepuh desa  Pak Wayan Sukrata  yang berdedikasi tinggi untuk Pedawa tercinta, Pak Kd Satria ( I Kadek Satria, S.Ag, M.Pd.H ) dengan gagasan Super yang nantinya membina dan mengarahkan kami yang lebih muda. Teman-teman yang sudah bersedia membantu dengan sepenuh hati Putu Supayana, I Gede Patra, Kd Arik Arminiasih, Kadek Juli Erniasih, yang  ikut berpartisifasi untuk desa tercinta.

Foto Di rumah Tua
Nang ane lena da takut ngayanga lek, Edengang awae mula uli Pedawa, yen ada nak nyinjinin ara dadi takut, aku nawang ngelah Pepatah "EDA NGADEN WAKA BISA", Yen ara tawang uraang ara tawang yen nawang uraang ne beneh-beneh, to rang da ngelah rasa takut yen ada mejinjin. ara ada nak ne menjinjin mara ara tawang kal ngaet carah cedar, ne mejinjin kadn pada jelema. hehehe, nah amonto malu aku ngomong, pang ara liunan pelihkune.

Spesial Thanks  to : 
1. Kepala Desa Pak Kino beserta Perangkat desa Pedawa & Putu Mardika
2. Dr. Dra. Ni Made Dhanawati, M.S., Wayan Sukrata & Keluarga, I Kadek Satria S.Ag. M.Pd.H,  Galuh, Mei dan Yuni, I Putu Supayana, I Gede Patra, Kd Arik Arminiasih, Kadek Juli Erniasih.
3.  Masyarakat Desa Pedawa
4. Seemua pihak yang telah membantu.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:57:00 PM

0 komentar:

Post a Comment