'

'

ISTILAH-ISTILAH PERKAKAS/ PERABOTAN DALAM BAHASA BALI

Posted by

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA BALI
Selamat datang di blog yang sederhana ini, silahkan download artikel ini jik memang bermanfaat,  yang aslinya bisa anda download disini

v  KOSA KATA PERKAKAS/ PERABOTAN
CONTOH  :
NO
KOSA KATA
GAMBAR
1
Tiuk / Pisau
Tiuk merupakan sebuah nama Pisau dalam bahasa Bali, terbuat dari besi dan gagang terbuat dari kayu. Digunakan untuk memotong sayuran, mengupas buah, memotong hiasan pada pembuatan banten banten. Pisau tersebut biasanya dipakai oleh  perempuan/ Ibu-ibu Bali
2
Cobek dan Penguligan
Cobek dan Penguligan biasanya untuk tempat membuat/ menghaluskan/ menghancurkan/ meracik bumbu dapur. Bisa terbuat dari batu yang dudah dihaluskan Atau terbuat dari semen dan kerikil
3
Golok/ Pisau Golok
Golok terbuat dari logam yang digagangi oleh kayu. Merupakan pisau yang biasanya dipakai oleh para pria/ bapak-bapak pada saat upacara atau acara pemotongan hewan kurban atau pemotongan sarana persembahyangan.  Memotong benda yang lebih keras seperti daging, tulang daging, bambu dan lainnya.
4
Talenan
Talenan terbuat dari potongan kayu yang besar dan kayu yang lebih keras atau kuat. Biasanya digunakan untuk alas tempat pemotongan daging hewan kurban atau daging yang akan dimasak agar menjadi lebih kecil.
5
Kikihan
Kikihan terbuat dari logaam tipis yang diluarnya dengan kayu kecil sebagai pegangan. Kikihan biasanya digunakan pada saat mengikis buah kelapa. Sehingga ukuran kelapa lebih kecil dan mudah diperas dalam proses pembuatan santan atau saur/ sambal kelapa.
 6
Penyeluhan/ Seluh
Terbuat dari logam yang dibengkokkan dan ujungnya lebih tipis dan agak runcing melebar. Digunakan untuk mencongkel isi  kelapa dari batok kelapa / melepaskan isi kelapa dari batoknya.

Hasil gambar untuk mencungkil kelapa Hasil gambar untuk mencungkil kelapa
7
Linggis
Linggis merupakan alat yang terbuat dari logam yang besar dan kuat. Ujungnya sedikit tipis,  lebar dan meruncing. Biasanya digunakan untuk mengupas kulit kelapa dan membuat lobang pada  tanah.
Hasil gambar untuk linggis
8
Niu/ Ngiu
Niu/ Ngiu merupakan alat yang terbuat dari bambu berbentuk lingkaran yang didalamnya seperti anyaman (bedeg) dan bagian luarnya dibatasi bambu besar. Digunakan untuk napinin / memisahkan beras dan kotoran/ jijih .

9
Kukusan
Merupakan anyaman berbentuk kerucut dan pada bagian tengahnya ada lobangnya. Digunakan untuk tempat/ alas beras pada proses penanakan nasi.

10
Paet/ Pahat
Paet merupakan perkakas pertukangan. Alat yang terbuat dari logam yangf ujungnya pipih dan runcing, digagangi kayu yang halus sebagai pegangan. Alat ini digunakan untuk mengukir kayu/ melobangi kayu dengan ukuran yang disesuiakn dengan mata atau ujung kikir.
Hasil gambar untuk pahat
11
Palu
Palu merupakan perkakas pertukangan  terbuat dari logam yang berat digagangi oleh kayu yang lebih panjang sebagai pegangan. Digunakan untuk pemukul berda yang lebih kecil seperti paku dan lainnya.
12
Kekeb
Merupakan perkakas dalam dapur yang terbuat dari tanah liat yang halus dan dipanaskan sehingga kuat dan keras. Kekeb digunakan untuk menutupi proses penanakan nasi agar suhunya stabil dan tidak keluar. Dengan suhu yang stabil membuat nasi menjadi matang dengan sempurna.
13
Centong
Merupakan perkkas pertukangan  yang terbuat dari logam yang tipis dan digagangi kayu debagai pegangan. Digunakan untuk proses menghaluskan alas atau tempat pembuatan bangunan.
https://sukariasapande.files.wordpress.com/2014/05/20140503_075401.jpg
14
Dapak/ Patil
Alat terbuat dari logam menyerupai palu tetapi salah satu bagiannya runcing dan pipih. Digunakan sebagai alaat pemotong atau penghancur benda seperti kayu dan bambu.
https://sukariasapande.files.wordpress.com/2014/05/20140503_075616.jpg
15
Sokasi
Sokasi merupakan perkakas dapur yang  terbuat dari anyaman bambu yang ada tutupnya. Digunakan sebagai tempat/ wadah nasi sehingga nasi aman berada di dalam dan tidak cepat basi.
16
Cubek
Merupakan alat yang terbuat dari bahan tanah liat yang ukurannya lebih besar. Digunakan untuk wadah air ketika untuk mencuci .
17
Serut
Merupakan perkakas pertukangan sederhana, terbuat dari kayu seperti mobil mainan anak-anak ditengahnya berisi logam yang tajam. Digunakan  untuk menghaluskan kayu
Hasil gambar untuk perkakas tradisional
18
Hamer
Perkakas pertukangan terbuat dari logam besar yang tumpul ada gagang kayunya yang panjang sebagai pegangan. Alat tersebut digunakan sebagai penghancur batuan besar  dengan cara memukul
Hasil gambar untuk hamer
19
Sepit
Terbuat dari bambu berbentuk seperti jepitan. Digunakan sebagai penjepit atau pegangan memindahkan kayu atau bahan bakar pada tungku yang besar agar tidak panas
20
Semprong
Semprong sebuah lat dapur yang terbuat dari bambu yang ditengahnya berlobang dan bagian ujung diruncinkan. Digunakan untuk penyuplai angin ke tungku dengan cara meniup ujung logam.
21
Gentong/ Gebeh Kecil
Merupakan perkakas seperti pot besar yang terbuat dari tanah liat. Digunakan sebagai tempat penyimpanan beras.

22
Gebeh/ gentong besar
Gebeh merupakan alat dapur terbuat dari tanah liat seperti gebeh/ gerabah yang  ukurannya lebih besar. Digunakan sebagai alat penampungan air sementara.
23
Bungut Paon
Bungut paon merupakan tungku dari tanah liat. Biasanya sebagai tempat memasak dan bahan bakarnya dari kayu.
24
Sangihan
Sangihan merupakan perkakas pertanian  bisa terbuat dari batu halus untuk menajamkan alat yang tajam
25
Dandang
Perkakas dapur yang terbuat dari aluminium  yang dapat diisi air dan digunakan sebagai proses penanakan nasi.
26
Siut
Merupakan perkakas sejenis sendok yaang ukurannya lebih besar dan terbuat dari kayu. Ddigunakan dalam pengaduk/ penyendok nasi.

27
Caratan
Caratan benda sejenis ketel yang terbuat dari tanah liat  diatas dan gagian samping terdapat lobang. Untuk menyimpan air yang siap untuk diminum.
28
Sampat Lidi
Sampat merupakan perkakas yang terbuat dari lidi pelepah daun kelapa atau enau/ jaka yang diikat/ seikat sekepal tangan. Digunakan untuk membersihkan lantai dari sampah.
29
Lesung
Perkakas yang terbuat dari kayu besar yang didalamnya dibuat bentuk cekungan. Digunakan untuk memisahkan padi atau kopi dari tangkai serta kulit nya. Padi atau kopi kering dimasukkan ke dalam lehung, yang kemudian ditumbuk dengan alo secara berirama
https://andricliff.files.wordpress.com/2011/05/15092010010.jpg?w=549
30
Cedok
Cedok terbuat dari batok kelapa yang digagangi dengan bambu atau kayu sebagai pegangannya. Berfungsi mengaduk  sayuran atau mengambil air
31
Sok
Sok merupakan anyaman bambu yang mirip seperti baskom. Digunakan sebagai wadah untuk mengangkut hasil panen , baaik itu betupa padi, kopi, cengkeh dan lain sebagainya
Tumbu berfungsi sebagai wadah atau tempat menyimpan sementara kebutuhan pangan seperti umbi-umbian, buah, kacang-kacangan dan jenid lainnya yang berukuran kecil dan medium. Alat ini terbuat dari anyaman bambu.
32
Arit/ Sabit
pertanian untuk memotong padi di sawah dan merupakan alat pertanian yang penting bagi petani. Terbuat dari besi bertangkai, dibuat sedemikian rupa agar mudah dipakai.
Arit bagi petani merupakan alat serbaguna, untuk memotong rumput makanan ternak dan membersihkan ladang, digunakan untuk mengiris manggar kelapa atau enau yang akan disadap niranya.
Sabit, arit, adalah alat pertanian berupa pisau melengkung menyerupai bulan sabit. Meskipun bentuknya sama, secara bahasa arit dan sabit cenderung merujuk pada alat pertanian,
33
Tambah/ Cangkul/ Pacul
Merupakan alat yang terbuat dari lempengan  logam yang digagangi oleh kayu sebagai pegangannya. Cangkul digunakan untuk menggali, membersihkan tanah dari rumput atau pun untuk meratakan tanah.
34
Ilih/ Kipas
Ilih/ Kipas merupakan alat yang terbuat dari bambu yang di anyam berisi pegangan yang ingan dan mudah di ayun. Ini digunakan sebagai kipas sederhana mengurahi rasa panas akibat angin yang dihasilkan dari proses mengayun
Hasil gambar untuk perkakas tradisional
35
Bubu
Bubu merupakan alat tradisional  rang dianyam dari bambu yang memiliki 2 lubang. Yang satu lobang diisi dengan bagian runcing bagian dalam. Alat ini dipakai untuk perangkap ikan atau belut
Hasil gambar untuk bubu ikan belut tradisional
36
Jan/ Tangga
Jan merupakan alat terbuat dari bambu 2 sisi yang ditengahnya terdapat anak tangga. Dipakai sebagai alat untuk menjangkau benda/ tempat yang lebih tinngi


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:42:00 AM

0 komentar:

Post a Comment