'

'

Mantra Hebat di Balik Kehidupan Umat Hindu

Posted by

Mantra Hebat di Balik  Kehidupan Umat Hindu
Mantra yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun
Gambar Ilustrasi Mantra
selamat datang di blog pecinta Ipa, apa kabar semuanya ? semoga baik-baik saja. sisini saya akan membahas mengenai mantra yang pastinya belum banyak yang mengetahui bagaimana kehebatan mantra tersebut. Disini saya akan bahas terlebih dahulu, saya sarankan agar jangan membaca setengah-setengah, bacalah dari awal hingga akhir. Anda juga dapat mendownload beberapa mantra-mantra tersebut yang pastinya sangat berguna. 


A. Pengertian Mantra
Mantra adalah bunyi, suku kata, kata, atau sekumpulan kata-kata yang dianggap mampu "menciptakan perubahan" (misalnya perubahan spiritual). Jenis dan kegunaan mantra berbeda-beda tergantung mahzab dan filsafat yang terkait dengan mantra tersebut.

Mantra (Dewanagari: मन्त्र; IAST: mantra) berasal dari tradisi Weda di India, kemudian menjadi bagian penting dalam tradisi Hindu dan praktik sehari-hari dalam agama Buddha, Sikhisme dan Jainisme. Penggunaan mantra sekarang tersebar melalui berbagai gerakan spiritual yang berdasarkan (atau cabang dari) berbagai praktik dalam tradisi dan agama ketimuran. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mantra diartikan sebagai susunan kata yang berunsur puisi (seperti rima dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain. Mantra-mantra, suku kata Sanskerta yang tertulis pada yantra, sejatinya merupakan 'perwujudan pikiran' yang merepresentasikan keilahian atau kekuatan kosmik, yang menggunakan pengaruh mereka dengan getaran suara 

B. Penggunaan Mantra
Mantra digunakan biasanya saat sembahyang dengan memuja dan memuji Tuhan. Dengan memuja dan memuji nama suci Tuhan maka Keseimbangan akan terjadi dan kebaikan akan muncul sesuai harapan. Ada juga yang menggunakan mantra yang negatif , Kehebatan manta inilah yang menjai warisan nenek moyang kita yang di luhung. Bahkan diselurh dunia ada mantra yang digunakan. 

C. Mengapa menggunakan Mantra ?
Banyak yang beranggapan mengapa kita menggunakan mantra ? sedangkan tuhan maha tau apapun yang kita inginkan pasti didengar. Itulah anggapan banyak dari orang awam yang belum mengetahui bagaimana kehebatan mantra tersebut. Mereka yang belum mengetahui memiliki sejuta alasan dari logika yang mereka kuasai. Bisa Dibilang Logikia kita belum terlalu hebat mengetahui bagaimana kuasa Tuhan yang sebenarnya. 

Mantra ini Merupakan hal ynag sudah direstui atau sudah bdiizinkan oleh Tuhan. Mengapa demikian ? Coba bayangkan mantra berasal dari kitab suci, dan kita mengetahu sendiri bahwa kitab suci merupakan wahyu dari Tuhan sendiri. maka dari itulah bahwa disarankan dalam berdoa menggunakan mantra dari pada kita memohon dengan bahasa kita sendiri. Akan lebih reaktif menggunakan mantra. 

D. Maha Mantra
Dari pengalaman yang saya dengar dan sudah saya baca ada mantra yang bisa tergolong ke dalam maha mantra. Mntra yang tertinggi.  karena dari sumber-sumber kitab suci menyebutkan demikian. 

1. Gayatri Mantram
Dari sejarah diturunkannya Ilmu pengetahuan suci Hindu (Veda) ada mantra sebagai Ibu dari segala mantra. Yang isinya memuja keagungan Tuhan sebagai Pencipta, Pemelihara serta sebagai Pelebur. Menurut beberapa orang yang sudah merasakan bagaimana hebatnya Mantram Gayatri yang luar biasa. Dari mengatasi berbagai masalah sakit, keamanan, hingga kesejahteraan. Banyak sekali yang telah membuktikan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Maka dengan mengucapkan atau berjapa akan berada lalam lindungan-Nya.

Om Bhur, Om Bwah, Om Swah,
Om Tat Savetur Varenyam
Bhargo Devasya Dimahi,
Dhiyo Yonah Prachodayat

Apakah mantra Gayatri ini sebenarnya dan apakah manfaatnya, sehingga sedemikian agungnya mantra ini? Konon Gayatri sendiri yang adalah manifestasi dari lima bentuk bunda alam-semesta ini bersifat maha prakriti (Maya, ilusi Ilahi). Kelima dewi ini adalah Saraswati-Laksmi-Durga-Uma dan Kali, yang membaur menjadi satu bentuk dominan di seluruh alam semesta ini, baik di alam buana-alit maupun buana-agung. Gayatri lahir dari Sang Pencipta Brahma pada awal penciptaan dunia ini yang tersirat di Veda sebagai mantra yang bersifat universal, yaitu suatu bentuk Pengagungan dari Yang Maha Kuasa dalam bentuk seorang Bunda alam-semesta itu sendiri dengan kelima bentuk kewajibanNya. Itulah sebabnya walaupun memiliki hanya satu raga, Beliau berkepala kelima dewi di atas tersebut. Dewi Saraswati adalah lambang dari ilmu pengetahuan, sastra, agama, literatur, keindahan dan seni budaya. Tanpa Beliau, manusia hidup seperti ibaratnya fauna yang tidak berbudi-pekerti. Dewi Laksmi adalah lambang dari kejayaan, kekuatan, kemakmuran dan sebagainya. Beliau adalah shaktinya Dewa Vishnu Sang Pemelihara alam semesta ini, sedangkan Dewi Saraswati adalah shaktinya Dewa Brahma Sang Pencipta. Durga adalah berkuasa di atas segala bentuk kebatilan, asuras dan bentuk-bentuk yang bersifat iblis; barang siapa memuja Beliau dipastikan akan dijauhkan dari segala mara-bahaya yang ditimbulkan oleh berbagai asura ini. Di Indonesia ada konsep yang salah mengenai Durga ini, Beliau dianggap sebagai ratunya para setan-dedemit, padahal Beliau ini menguasai mereka dan tanpa Beliau semua unsur iblis ini akan meraja-lela tidak terkendali. Di India dan di seluruh dunia Beliau adalah Dewi yang paling dipuja demi mendapatkan imbalan-imbalan duniawi, disamping Laksmi dan Dewa Ganeshya.

2. Maha Mantra Mrtunjaya
Seperti halnya dengan mantram Gayatri. Maha mantra mertunjaya merupakan Jantungnya dari Weda. Kita ketahui sendiri bahwa  Jantung merupakan Pembawa kehidupan di setiap mahluk. Begitu juga dengan mantram mertunjaya akan membuat kita hidup dalam kedamaian, dan terhindar dari kesusahan. mantram ini sangat reaktif sebagai penangkal aura negatif, Penyakit, ilmu hitam serta bisa menghusir mahluk halus. ini banyak dibuktikan kalau misalnya ada anak yang menangis diganggu mahluk halus atau leak bisa dihindarkan dengan cepat. 

Berhasrat untuk dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkannya baik itu dari kemalangan akibat dari penyakit, bencana dan kemalangan lainnya sehingga mungkin saja diperlukan mukjizat untuk kesembuhan dan lain sebagainya. Dan untuk itu sebagai anugerah dari Dewi Durgha disebutkan Mrtyunjaya Mantram dapat diucapkan agar terhindar dari hal-hal tersebut :

Ong mrtyunjaya aya dewa sya
Yona mamyaman kirtaye
Dirgghayusa mawa pnotih
Sanggrame wijayam bhawet 

Ong hayu werdhi yaso werddhi
Werddhi prajna suka sriya
Dharma santana werddhisca
Santute sapta werddhi syat.

Artinya: 
Om, siapa pun yang mengucapkan pujaan kepada Mrtyunjaya (Tuhan yang jaya atas kematian), akan memperoleh umur yang panjang dan dalam perselisihan akan memenangkannya.

Om, hidup bahagia, berjasa, bijaksana, senang dan mulia, semua anak keturunan dalam aturan abadi, itu adalah bagian yang dapat kau peroleh. (sumber: Usana Bali Usana Jawa, halaman 28 dan 92).

Selain itu, juga dapat dimohonkan kepada Dewa Siwa dalam fungsinya sebagai pemusnah berbagai penyakit dan yang mengalahkan kematian. Dalam fungsinya seperti itu, ada pun bunyi mantranya adalah sebagai berikut:
Om trayambakam yajamahe
Sugandhim pustivardhanam
Urvarukamiva bandhanam
Mrtyormuksiya ma’mrtat.

Artinya:
Kami memujamu, wahai Siwa yang bermata tiga, yang memberikan keharuman dan memelihara segala makhluk, semoga Dia membebaskanku dari kematian menuju keabadian, seperti mentimun yang lepas dari tangkainya.

Menurut Svami Sivananda, mantra ini menjauhkan dari kematian karena gigitan ular, sambaran petir, kecelakaan, kebakaran, angin topan, air bah dan lain-lain. Di samping itu mantra ini dapat memberi efek penyembuhan. Mantra ini juga merupakan mantra mosa (mantra Siva). Ia menganugerahkan kesehatan (arogya), umur panjang (dirgha ayus), kedamaian (santih), kesejahteraan (aisvarya), kekayaan (pusti), kepuasan (tusti) dan kesempurnaan (moksa).

Trayambhaka adalah sebutan lain untuk Rudra, bentuk Dewa Siwa saat melebur alam semesta ini. Nama lain dari Rudra adalah Kapardin Karena itu, Maha Mrtjunjaya mantra ini juga disebut Rudra Mantra. Dalam Yajurveda dan Atharvaveda yang banyak menyebut Rudra, melukiskan sebagai sosok laki-laki bertubuh besar, perutnya berwarna biru dan punggungnya berwarna merah. Kepalanya berwarna biru (Nilagriwa) dan lehernya berwarna putih (Sitikantha), kulitnya berwarna coklat kemerah-merahan.

3. Maha Mantra Hare Krisna
Di dalam kesusastraan Veda ada dua mantra yang secara khusus direkomendasikan. Yang pertama adalah omkara atau mantra om, dan yang satu lagi adalah, mantra Hare Krishna. disini dengan mengucapkan manta ini kita akan terbebas dari pengaruh jaman Kaliyuga . Terbebas dari zaman yang jahat lebih banyak dari kebaikan. Nah agar kita tidak jatuh dan ikut kereta Kaliyuga maka ucapkanlan mantrm hare krishna. walaupun sekarang mantra ini kebanyakan diucapkan oleh para penyembah hare krishna. mengapa kita juga tidak ikut mencobanya karena dengan mengucapkan mantra ini akan timbul sifat-sifat baik dalam diri kita mengurangi sifat buruk dalam diri. mantramnya sangat mudah dan indah diucapkan apalagi dengan nyanyian.

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare, Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare 

Dijelaskan bahwa dua mantra ini dapat membebaskan seseorang menuju alam rohani di luar keberadaan material. Omkara (pranava) dianggap sebagai inkarnasi Kepribadian Tuhan dalam bentuk suara dan itu tidak berbeda dengan Tuhan Sendiri.

Srila Prabhupada menjelaskan kepada murid-muridnya yang bertanya dengan berbagai permasalahan, bahwa Srila Prabhupada selalu memberikan solusi dengan “ucapkan maha mantra Hare Krishna, atau chant more hare Krishna“. Nah bagi mereka yang dengan tulus mengucapkan maha mantra Hare Krishna maka mereka akan mendapatan keberuntungan-keberuntungan sebagai berikut sebagaimana di jelaskan dalam Sri Siksastaka:
a. Obat manjur untuk jaman kaliyuga – bahkan seorang perenang hebat sekalipun tidak akan mampu untuk menyebrangi kecemasan dan segala permasalahan dari jaman kali yuga.mengucapkan maha mantra Hare Krishna obat manjur untuk menyembuhkan infeksi dari kali yuga,menyelesaikan semua masalah dan menghilangkan segala anomalies.
b. Membersihkan hati dari segala kekotoran yang menjadi sumber penderitaan, ceto darpanam marjanam, mengucapkan maha mantra hare Krishna menghilangkan nafsu, marah, lobha, dan keinginan-keinginan material dari hati dan memberikan kebahagiaan yang luar biasa.
c. Mengendalikan indri-indria - mengucapkan nama suci Krishna sepenuhnya mengendalikan lidah, sangat sangat sulit dikendalikan; kemudian pikiran dan indria-indra yang lain akan megikuti.
d. Memberikan pengetahuan rohani, - mengucapkan maha mantra Hare Krishna menyucikan hati dan kesadaran. Sehingga seseorang dengan mudah bisa mengerti akan kedudukannya yang bersifat rohani dan menginsyafi akan kedudukan daripada Tuhan. menginsyafi Krishna sebagai Tuhan Yang Maha Esa biasanya akan membutuhkan kelahiran demi kelahiran tapi dengan seseorang mengucapkan maha mantra Hare krishna dengan tulus maka dia dengan cepat mengerti akan kedudukannya yang bersifat rohani.
e. Penebusan dosa, mengucapkan hare Krishna cara terbaik dan terkuat yang dimaksudkan untuk penebusan dosa. Dosa tidak hanya dinetralisir tapi sepenuhnya akan di hilangkan.
f. Keyakinan akan Tuhan akan terus meningkat hanya dengan seseorang mengucapkan nama suci Krishna, menghilangkan segala keragu-raguan, menanamkan keyakinan yang kuat akan Tuhan pada orang lain, mengantarkan seseorang pada jalan pengabdian bhakti ini.
g. Pembebasan, meskipun jaman kali yuga penuh dengan dosa dan penderitaan, Kepribadian Tuhan telah memberikan kelonggaran/ kemudahan dengan membuat nama suci Krishna yang perkasa dengan mudah dan sangat sesuai dengan jaman sekarang ini.
h. Cinta kasih kepada Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa akan dengan cepat dicapai dengan mengucapkan maha mantra Hare Krishna.

Biasanya siapapun yang mengucapkan mantra-mantra Veda akan mengucapkan om, karena om disertakan sebagai bija atau biji mantra pada awal sebagian besar mantra. Tetapi jika seseorang tidak diinisiasi dalam sistem kebrahmanaan, dia akan kesulitan untuk memahami kedalaman arti dari omkara dan tidak akan mendapat manfaat dari pengucapannya. Untuk itulah tidak dianjurkan bagi masyarakat luas untuk mengucapkan omkara di jaman Kali-yuga dengan harapan mendapat kesempurnaan rohani, karena mereka biasanya tidak berkualifikasi atau tidak mampu mengucapkannya dengan maksud yang benar.  Mantra yang dianjurkan untuk diucapkan di jaman ini yang mudah dan langsung terhubung dengan Tuhan karena terdapat nama suci Tuhan adalah maha-mantra, Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare.

Anda dapat mendownload beberapa mantra yang lainnya yaitu beberapa mantra  dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat untuk para pembaca. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:56:00 PM

0 komentar:

Post a Comment