'

'

Saphala Ekadasi Menjadikan Dirimu Temasyur/ Terkenal (Keagungan Ekadasi)

Posted by

Saphala Ekadasi Menjadikan Dirimu Temasyur/ Terkenal (Keagungan Saphala Ekadasi)

Selamat datang di Webblog sederhana ini. Disini saya akan sajikan mengenai keagungan Ekadasi. Apa  itu ekadasi ? Hari dimana seseorang berpuasa biji-bijian. Mengapa ? Jawabannya di postingan selanjutnya, tetapi disini fokuskan dulu pada Saphala Ekadasi. Berijut adalah keagungannya yang dituturkan percakapan antara Tuhan  Sri Krishna dengan Maharaja Yudistira.

"SAPHALA EKADASI "
( Menjadikan terkenal / termasyur di dunia ini.)

Maharaj Yudistira berkata , " O...Krisna apakah nama ekadasi yang menjelang bulan mati dibulan puasa ( Desember- Januari)? Bagaimana cara melaksanakanya ,dan uraikan semua hal itu kepada hamba O..janardana ...?


Tuhan Sri Krisna menjawab ,Aku akn uraikan selengkapnya tentang keagungan dari ,HARI KRISNA EKADASI /SAPHALA  EKADASI .
Aku tidak bisa disenangkan dengan yagnya atau persembahan dana punia ,seperti para penyembahkku menyenangkan aku denga cara penuh melaksanakan puasa penuh pada saat Ekadasi ,hendaknya seorang bepuasa sekuat kemampuannya pada saat hari Ekadasi .harinya Tuhan Hari .saphala ekadasi ini jatuh pada maha dvadasi  jangan membedakan masing masing Ekadasi .aku akan jelaskan proses dalam melaksanakan puasa Krisna Ekadasi kepadamu O raja ..

 Pada hari yang suci ini orang hendaknya memuja TUHAN NARAYANA.yqng berkuasa atas segalanya .seorang hendaknya mengikuti cara cara berpuasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku . seperti halnya di antara Naga Aku adalah NAGA SESA diantara burung ,Aku Garuda yang paling Utama ,diantara korban suci ,Aswameda  yadnya paling utama ,diantara sungai ,gangga paling utama  dan diantara deva,Sri Visnu paling utama ,demikianlah diantara hari puasa ,Ekadasi yang paling utama

Pada hari saphala ekadasi hendaknya para penyembah  memujaKu dengan buah buahan segar yang menjadi musimnya  sesuai dengan waktu ,tempat dan keadaan .dan bermeditasi kepada TUHAN YME Yang Maha karunia .hendaknya mempersembahkan buah jambira ,( Bila ),buah delima dan buah kelapa ,sirih ,jambu biji ,kacang kacangngan ,cengkeh,buah mangga ,dan bermacam bumbu bumbu ( rempah rempah )kepada Ku .karena dengan mempersembahkan lampu lampu kepadaKu ,kususnya pada waktu saphala ekadasi sangat mulia ssekali .para penyembah hendknya bergadang ,terjaga sepanjang malam . 

Sekrang dengarlah apa karunia yang diperoleh  seorang jika ia melaksanakan puasa  dan tetap terjaga pada malam harinya .karunia yang di perolehnya jika dia terjaga sepanjang malam adalh  sama dengan karunia di peroleh dengan melaksanakan pertapaan selama lima ribu tahun ,O singa di antara Raja beginilah ceritanya.Hare krisna .

"Tersebutlah sebuah kerajaan bernama Campayati ,di perintah oleh Raja Mahismati mempunya empat orang putra ,yang tertua bernama  Lumpaka yang selalu melakukan perbuatan peebuatan buruk dan berdosa ,seperti melakukan hubungan gelap dengan istri orang lain ,berjudi,dan slalu bergaul drngan para pelacur  karena ulahnya itu menyebabkan kekayaan orng tuanya semakin berkurang ,dia tidak merhomati para deva ,mengkritik para brahmana dan setiap hari membuat fitnah  kepada par vaisnava .sifap anaknya demikian sang raja membuang anaknya kehutan ,seluruh keluarganya dan rakyatnya tidak boleh mengunjunginya ,lumpaka ahirnya tidk berdaya 


Dalam keadaan tidak berdaya demikian dia berpikir  sebaiknya aku malam hari pergi kekota mencuri makanan ,dan siang harinya aku pergi kehutan ,akan tetapi penduduk kota memergokinya berulang kali  ,tpi karena takut pada sang raja mereka melepaskannya ,mereka berpikir ,mungkin karna karma nya yang  dulu jelek,sehingga ia kehilangangan segala kemewahannya ,dan berbuat hala hal yang berdosa ,selain makan daging ,ia juga makan buah buahan  setiap hari dia tinggal di bawah pohon beringin yang sudah tua ,tapi tanpaknya sangat di senangi oleh Tuhan Vasudeva ,banyak yang memuja pohon berngin sebagai raja pohon yang ada di hutan ,pada waktu malam hari Ekadasi saphala tiba ,ia melewatkannya tanpa tidur  karena udara dingin ,apalagi pakaiannya compang camping yang menyebabkan ia hampir mati kedinginan ,ahirnya pagi pun tiba lumpaka merasa giginya hampir gemeretak  dan ia hampir koma menggigil kedinginan ,dan selama pagi hari di waktu  hari Ekadasi dia tidak dapat bangun dri pingsannya .kemudian siang harinya Lumpaka  yang berdosa itu berusaha merangkak kepohon  beringin besar itu ,setelah dia sadar dari pingsannya tapi setiap di melangkahkan kakinya dia selalu terjtuh seperti orng lumpuh dia bejalan sempoyongan dan menderta lapar dan haus,di tengah tersebut ,karrna ia begitu lemah sehingga ia tidak dapat membunuh seekor bintangpun hari itu dan juga tdak dapt mengumpulkan bua buahan,yang biasanya jatuh dari pohonnya ahirnya mlampun tiba .

Lumpaka mulai meratap dan buah buahan yang yang di bawanya di letakkan di hadapannya ."
"O..ayah mengapa engkau jadikan aku seperti ini ...? O..Sri Hari ber karunialah padaku dan terimalah persembahan buah ini .kembali dia terpaksa terjaga malam hari .Madhusudana menjadi sangat senang  dengan persembahan buah buahan hutan dari Lumpaka itu dan beliau menerimanya .Lumpaka srcara tidak  sadar melakukan puasa penuh di hari Ekadasi dan karena karunia di peroleh pada hari itu dia mendapatkan kerajaannya tampa halangan lagi.
.dengarlah O..Yudistira ..apakah yang terjadi pada putra raja Mahismati sewaktu ia merasakan  ada karunia yang di perolehnya ..?

"Begitu matahari terbit ke esokan harinya ( dvadasi)  se ekor kuda yang sangat indah berdiri disampingnya .pada saat yang sama  terdengar sura dari langit" Kuda ini untukmu Lumpaka".tunggangilah dia dan kembalilah pada keluargamu ,O putra raja Mahismati ,karena  karunia Tuhan Vasudeva  kekuatan dari hasil puasa Sapala Ekadasi,Kerajaan akan di berikan kepadamu tanpa ada suatu halangan ,karunia ini engkau peroleh karena engkau melakukan puasa pada hari yang agung pergilah sekrang ke ayahmu dan nikmatilah Kerajaan dari dinastimu .

Setelah mendengar suara gaib itu  Lumpaka menunggang kuda itu dan pergi ke kota Campavati ,karena karunia yang di peroleh dari berpuasa pada hari saphala ekadasi ,dia memjadi seorang putra mahkota yang sangat tanpan kembali dan mampu mengendalikan pikirannya untuk selalu berpikir tentang kaki padma TuHAN YME.dan menjadi penyembahKu yang murni .

"Lumpaka menyampaikan sembah sujudnya kepada Ayahnya Raja Mahismati dan menerima langsung  tanggung jawab sebagai  seorang putra mahkota .melihat putranya berhiaskan tilaka vaisnava Raja Mahismamti memberikan Kerajaannya ,dan Lumpaka memerintah denga adil selama bertahun tahun ,bila hari ekadasi tiba dia memuja Tuhan YME Dengan penuh cinta bhakti .dan atas karunia Sri Krisna ia mendapatkan istri yang cantik dan memproleh putra yang baik,dihari tuanya ia memberikan Kerajaannya kepada putranya seperti yang pernah dilakukan ayahnya terhadap Lumpaka .kemudian Lumpaka pergi kehutan untuk melayani TUHAN YME.Dengan mengendalikan pikiran dan indria indria terbebas dari semua keinginan keinginan matrialnya beberapa saat kemudian ROHnya mninggalakan padanya dan kembali ke alam rohani ( VAIKUNTA ) mencapai tempat dekat kaki padma  Tuhan Sri Krisna .

"O...Yudistira orang yang mendekati aku dengan cara yang dilaksakan LUMPAKA akan sepenuhnya terbebaskan dari dari kesengsaraan dan penderitaan alam matrial .sesungguhnya barang siapa yang melaksanakan puasa dri Saphala Ekadasi yang mulia ini bahkan secara kebetulan atau tanpa sepengetahuanya,seperti halnya Lumpaka akan menjadi terkenal di dunia ini  dia akan menjadi terbebaskan dan kembali ke Vaikunta loka.hal ini tidak bisa diragukan lagi.demikian pula orang yang mendengarkan saja dari keagungan Saphala Ekadasi ini memproleh karunia yang sama dengan hasil yang di peroleh dengan melaksanakan RAJASUYA YADNYA .dan pada kelahirn berikutnya dia akan pergi ke planet svarga loka .

  Demikialah sudah berahir uraian tentang ke Agungan Krisna Ekadasi atau Saphala Ekadas.dari BHAVISYA BITARA PURANA 

       ".PRANAM"

Selain Ekadasi tersebut, ada berbagai macam/ jenis puasa ekadasi. Puasa ekadasi ada banyak macamnya. Oleh karena itu agar mendapat manfaat yang maksimal, tata cara puasa harus disesuaikan dengan tata cara masing-masi ekadasi tersebut. Menurut A.K. Candrawati dalam bukunya yang berjudul “Ekadasi bimbingan rohani Hindu dalam berpuasa” , puasa ekadasi ada 26 macam yaitu:
  1. Utpanna
  2. Moksada
  3. Saphala
  4. Putrada
  5. Sat-tila
  6. Jaya
  7. Vijaya
  8. Amalaki
  9. Papamocani
  10. Kamada
  11. Varutini
  12. Mohini
  13. Apara
  14. Nirjala
  15. Yogini
  16. Padma
  17. Kamika
  18. Putrada
  19. Aja
  20. Parivartini
  21. Indira
  22. Papangkusa
  23. Rama
  24. Haribodini
  25. Padmini
  26. Parama
Untuk Penjelasan berbagai macam / jenis ekadasi yang lain, tunggu artikel selanjutnya, atau ingin memesan ?

Bagaimana kawan atau Bhakta semua ? Semiga bisa membantu. Om Tat Sat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:02:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Translate Of English To Other