'

'
loading...

LILA KRISHNA , KEANGKUHAN ARISTASURA ( Srimad Bhagawantam )

Posted by

LILA KRISHNA, KEANGKUHAN ARISTASURA
(,Mengabaikan perintah gurunya)
#Srimad Bhagavatam#
----------------------------------------
Asura suruhan Raja Kamsa bernama Aristasura, yang berwujud banteng raksasa, menyerang Brindavan. Beberapa pohon di tepi jalan dirobohkannya. Napasnya terengah-engah mengerikan, rumah-rumah di Brindavan bergoyang akibat kaki banteng yang dihentak-hentakkan. Sang banteng merasa paling perkasa dan berbuat sesuai dengan kehendaknya.

Para gembala mendatangi Krishna, meminta tolong agar dapat membunuh banteng tersebut. Krishna keluar mendatangi banteng tersebut dan berkata, "Kamu hanya menakut-nakuti wanita, anak-anak, dan para gembala yang tidak bersalah. Hadapilah aku!"



Krishna kemudian bertarung dengan Aristasura. Krishna sangat lincah sehingga merepotkan Aristasura. Krishna kemudian menangkap tanduknya dan saling dorong pun terjadi dengan hebatnya. Kemudian Krishna mengoyang-goyangkan tanduk tersebut, sehingga Aristasura terombang-ambing. Selanjutnya Krishna mencabut kedua tanduk tersebut dan memukul banteng tersebut dengan tanduk yang sudah berada di tangan Krishna. Sang banteng pun mati seketika.

"Reingkarnasi AristaSura sebelumnya".
------------------------------------------
Dalam kehidupan sebelumnya, Aristasura adalah Brahmana disiplin, sempurna dan berbudi luhur yang disebut Varatantu, dan mempelajari Veda di bawah pengawasan Rishi Brihaspati. Karena merasa sudah cepat menguasai, Varatantu tidak lagi memperhatikan wejngan dari Rishi Brihaspati. Dia merasa angkuh, karena merasa sudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya. Bahkan Varatantu bersikap seenaknya, mengabaikan Rishi Brihaspati yang sedang mengajar. Rishi Brihaspati berkata, "Kamu ini murid cerdas dan disiplin, tetapi belum reseptif, merasa sudah mengetahui segala sesuatu. Padahal kamu belum melakoni pemahamanmu dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kamu telah mengabaikan seorang Guru yang sedang mengajarmu, kamu menyerupai seekor banteng yang angkuh!"

Varatantu merasa menyesal atas tindakannya yang salah dan berjanji untuk memperbaikinya. Rishi Brihaspati berkata, "Kau harus mengalami kelahiran kembali sebagai seekor banteng, sampai tiba waktunya kau dibebaskan oleh Krishna dan kau akan kembali menjadi brahmana yang sadar dan mengalami peningkatan kesadaran yang luar biasa, sehingga tidak akan berbuat kesalahan lagi."



Dalam kehidupan berikutnya sebagai Aristasura, ia tinggal di Bangladesh, di mana dia secara bertahap mengembangkan sifat asura, karena tidak menjaga pergaulan. Pada suatu saat, Raja Kamsa melakukan perluasan wilayah dengan menundukkan negara-negara tetangga. Raja Kamsa menantang duel kepada Aristasura. Pertarungan antara Raja Kamsa dengan Aristasura berjalan sengit dan akhirnya Aristasura ditundukkan. Aristasura dijadikan pengawal andalan Raja Kamsa. Akhirnya, Aristasura dibunuh oleh Krishna dan terbebaskan dari segala kesalahan yang telah diperbuatnya. Dia kembali menjadi Brahmana Varatantu yang bijak dan melanjutkan pembelajarannya pada Rishi Brihaspati.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:25:00 PM

0 komentar:

Post a Comment