'

'

Pabuan / Paboan Desa Pedawa

Posted by

ketut supeksa
Ilustrasi Gambar Pabuan
Pabuan / Paboan Desa Pedawa

Pabuan / Paboan biasanya dipakai warga desa pedawa untuk pemberitahuan kepada orang yang akan memuput banten. Istilahnya sebagai penghormatan kepada sesuunan/ iringan (dewa yang disungsung ) dari orang tersebut. Pabuan juga melambangkan penguasa  isi alam (Tuahan) yang ada hubungannya dengan perlambang Tri Murti.

Isi dari Pabuan/ Paboan :
1. Daun Pisang (Alas isinya)
2. Buah (Buah Pinang)
3. Base (Daun Sirih)
4. Pamor (Kapur sirih/ liat)
5. Gambir
6. Temako (Tembakau)
7. Pis Bolong 11 Biji (Uang Kepeng)


Catatan : Semua Bahan disusun sedemikian rupa di dalam tetembong. Lalu dibawa menggunakan penarak nganten. dan ditutup lagi dengan daun.

Tata cara mrmberikan Paboan :
Pabuan dibawa ke tempat orang yang akan diberika Paboan. setelah ketemu ;
Tulung negak malu / negak malu na (orang tersebut diminta untuk duduk ) trus setelah orang itu duduk . Tulung amah malu pabuane/ amah malu pabuane (Orang diminta untuk makan pabuan tersebut). 

Tentunya dengan bahasa Pedawa yang Khas. Saat orang tersebut makan Pabuan, bukan berarti semua dimakan , tetapi biasanya mengambil sedikit seperti orang nginang atau makan sirih. batulah orang menyampaikan maksud dan tujuannya membawa pabuan tersebut. 

Itulah sedikit tentang pabuan yang begitu sakral di desaku tercinta yaitu Desa Pedawa. Semoga Pedawa makin go Internasional.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:29:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Translate Of English To Other