'

'

Radha Krishna

Posted by

Radha Krishna

Radha adalah dewi penting dalam tradisi Hinduisme Vaishnavisme, serta aspek dari tradisi Shaktisme. Dia adalah dewi yang sifat, manifestasinya, deskripsi, dan perannya berbeda-beda di setiap wilayah. Sejak masa-masa awal, ia telah dikaitkan dengan salah satu dewa Hindu paling populer, penggembala sapi Krishna.Dalam kesusastraan India awal, penyebutannya adalah ilusif dan tidak sama umumnya dengan dewi-dewi Hindu utama lainnya, tetapi selama era gerakan Bhakti ia menjadi populer di kalangan pemuja Krishna yang kekuatannya adalah cintanya. 

Foto Radha & Krishna
di Sri Sri Krishna Balarama Asram
Padanggalak, Denpasar, Bali
Menurut Jaya Chemburkar, setidaknya ada dua aspek yang signifikan dan berbeda dari Radha dalam literatur yang terkait dengannya, seperti Sriradhika namasahasram. Salah satu aspeknya adalah dia adalah seorang gadis pemerah susu (Gopi), yang lain sebagai dewa wanita yang mirip dengan yang ditemukan dalam tradisi dewi Hindu.  Dia juga muncul dalam seni Hindu sebagai ardhanari dengan Krishna, yang merupakan ikonografi di mana setengah dari gambar adalah Radha dan separuh lainnya adalah Krishna. Ini ditemukan dalam patung seperti yang ditemukan di Maharashtra, dan dalam teks-teks seperti Shiva Purana dan Brahmavaivarta Purana. Dalam teks-teks ini, ardhanari ini kadang-kadang disebut sebagai Ardharadhavenudhara murti, dan itu melambangkan kesatuan utuh dan tidak terpisahkannya Radha dan Krishna. 

Penggambaran Radha bervariasi dari seorang wanita yang sudah menikah yang menjadi kekasih zina Krishna dalam peran sekunder,  menjadi dua dewa sama dengan Krishna di Jayadeva Gita Govinda, untuk menjadi objek tertinggi cinta kebaktian bagi Krishna dan pemuja di Rupa Tradisi Gosvami. 

Dalam beberapa sub-tradisi Hindu, Radha dikonseptualisasikan sebagai dewi yang melanggar norma-norma sosial dengan meninggalkan pernikahannya, dan memasuki hubungan dengan Krishna untuk mengejar cintanya. Menurut Heidi Pauwels, itu adalah "isu yang sangat diperdebatkan" apakah Radha sudah menikah atau berselingkuh dengan Krishna sementara dia tetap menikah. Beberapa teks Hindu menyinggung keadaan ini. 

Kisah Radha telah menginspirasi banyak lukisan. Atas: Radha menunggu Krishna oleh Raja Ravi Varma.

Menurut David Kinsley, seorang profesor Studi Agama yang dikenal karena studinya tentang dewi-dewi Hindu, kisah cinta Krishna-Radha adalah metafora untuk relasi ilahi-manusia, di mana Radha adalah pemuja atau jiwa manusia yang frustrasi dengan masa lalu, kewajiban untuk harapan sosial dan ide-ide yang diwarisi, yang kemudian merindukan arti yang sebenarnya, cinta sejati, yang ilahi (Krishna). Radha metaforis ini (jiwa) menemukan pembebasan baru dalam belajar lebih banyak tentang Krishna, ikatan dalam devosi dan dengan semangat. 

Radha dan Sita

Itihasa populer dan literatur legendaris lainnya dari tradisi Hindu menyajikan dua avatar Lakshmi utama - Radha dan Sita, dan dua avatar Vishnu utama sebagai rekan masing-masing - Krishna di Mahabharata dan Rama di Ramayana. Pasangan Radha-Krishna dan Sita-Rama mewakili dua perangkat kepribadian yang berbeda, dua perspektif tentang dharma dan gaya hidup, keduanya dihargai dalam cara hidup yang disebut Hinduisme. Sita adalah istri tradisional yang telah menikah, berdedikasi, dan berbudi luhur dari Rama, seorang teladan yang hangat dan berangin dari seorang pria yang serius dan berbudi luhur. Radha adalah pencinta Krishna, seorang petualang yang suka bermain.


Radha dan Sita menawarkan dua templat yang bersaing dalam tradisi Hindu. Jika "Sita adalah ratu, sadar akan tanggung jawab sosialnya", kata Pauwels, maka "Radha secara eksklusif berfokus pada hubungan romantisnya dengan kekasihnya", memberikan dua model peran yang kontras dari dua ujung alam semesta moral. Namun mereka juga berbagi elemen yang sama. Keduanya mencintai manusia dan kehidupan mereka, keduanya menghadapi tantangan hidup, keduanya berkomitmen pada cinta sejati mereka dan keduanya telah menjadi dewi yang berpengaruh, dicintai, dan dicintai dalam budaya Hindu.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:05:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Translate Of English To Other