'

'

Minyak Ghee dan Manfaatnya

Posted by

Minyak Ghee dan Manfaatnya
Ghee, merupakan media memasak yang lebih disukai untuk banyak hidangan. Paling sering digunakan dalam masakan tradisional India, ghee juga populer dalam masakan Timur Tengah. Sementara minyak zaitun, minyak wijen, minyak kacang, dan minyak kelapa menemukan jalan mereka ke resep dalam buku ini, ghee memiliki banyak kelebihan.

Dalam Proses pembuatanhya  mentega dilelehkan dan dipanaskan perlahan-lahan, semua uap airnya menguap, dan padatan susu dipisahkan dari lemak mentega yang jernih. Cairan sisa berwarna emas ini, yang disebut ghee, sangat baik untuk menumis dan menggoreng, karena dapat dipanaskan hingga 190 ° C / 375 ° F sebelum mencapai titik Penguapannya.

Ghee tidak akan menjadi basi dan akan disimpan selama berbulan-bulan tanpa didinginkan; dapat disimpan selama lebih dari 6 bulan di dalam lemari es dan selama lebih dari setahun ketika dibekukan. Ghee memiliki rasa yang menyenangkan, sedikit pedas dan lebih disukai untuk semua permen tradisional India yang digoreng dan gurih. Ghee dapat dibeli di sebagian oko besar, pedagang India dan Timur Tengah, dan beberapa supermarket yang lengkap. Namun ghee buatan sendiri jauh lebih ekonomis. Ghee dapat disiapkan baik di atas kompor atau di oven. Jika Anda membuat ghee dalam jumlah besar, sebaiknya gunakan metode oven. Mentega tawar membuat ghee terbaik.

Manfaat Mengkosumsi Ghee
1. Melindungi Dan Memelihara Kesehatan Jantung
Hampir semua orang percaya mentega dapat mempengaruhi kegemukan dan resiko timbulnya penyakit jantung. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, berbeda dengan minyak samin, jika dikonsumsi berdasarkan takaran tertentu, malahan dapat menyehatkan jantung.

Kemampuan ini berasal dari kandungan omega-3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol dan menyeimbangkan hormon kolesterol.

2. Melindungi Tubuh Dari Alergi
Menolong tubuh terhindar dari beberapa gangguan alergi merupakan salah satu manfaat dari minyak samin. Hal itu dikarenakan mentega ini bebas endapan lemak putih, artinya saat mentega ini dipanaskan tidak akan menimbulkan buih putih (residu), penyebab alergi.

Dengan adanya mentega ini, orang-orang yang mudah mengalami alergi dapat mencicipi makanan yang mereka sukai tanpa takut mengalami masalah gastrointenstinal atau gangguan pada perut akibat alergi makanan tertentu.

3. Mengurangi Resiko Inflamasi
Seperti telah disinggung, mentega ini mengandung asam butyricyang dikenal sebagai salah satu rantai asam pendek di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, asam butyric mampu mengurangi gangguan inflamasi/peradangan beberapa bagian tubuh, khususnya peradangan yang berkaitan dengan usus.

Bagi penderita radang usus besar, sangat dianjurkan mengganti mentega biasa dengan ghee, selain sama rasanya, dapat mengobati pula.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selain mengurangi resiko radang usus, ternyata asam butyric juga sangat berguna untuk meningkatkan produksi T-cells, yaitu sel yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh. Tidak heran, dari dulu minyak samin digunakan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

5. Menstimulasi Sistem Pencernaan Agar Lebih Baik
Ghee dapat juga bermanfaat untuk merangsang sistem pencernaan. Mentega ini dapat menstimulasi pengeluaran asam-asam pencernaan di dalam usus, yang nantinya berguna meningkatkan sistem pencernaan agar lebih baik.

6. Meningkatkan Asupan Energi
Disamping mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan, ghee juga dapat meningkatkan kadar energi didalam tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan rantai asam lemak pendek & medium yang bermanfaat bagi tubuh.

Faktanya Asam ini secara berkala diproduksi di dalam liver, namun dengan adanya ghee, produksi asam jadi lebih cepat. Saat ini ghee telah digunakan oleh beberapa atlet atau pekerja berat, sebagai bahan campuran makanan pendorong energi harian mereka.

7. Turut Meningkatkan Kesehatan Mata
Telah disinggung, ghee kaya akan vitamin A, yang dikenal sebagai nutrisi essensial untuk kesehatan mata. Selain itu, di dalam mentega ini juga terkandung anti-oksidan yang dikenal sebagai Carotenoids, yang berperan sebagai penghilang dan penetralisir serangan radikal bebas terhadap sel-sel tubuh, termasuk pada sel mata penyebab katarak.

8. Mengurangi Proses Oksidatif Tidak Sehat Di Dalam Tubuh
Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dapat memicu proses oksidatif tidak sehat. Ghee mampu mengurangi proses ini berkat kandungan vitamin A dan carotenoids-nya. Selain itu, berkat kandungan asam butyric dan asam linoleic yang dikombinasikan dengan vitamin A, ghee dapat menjadi senjata ampuh pengusir kanker.

9. Meningkatkan Kesehatan Psikologis
Siapa yang tidak ingin pintar, cerdas dan memiliki ingatan kuat? Beberapa orang percaya bahwa dengan menghirup aroma dari campuran ghee, daun neem dan mustard, lalu dibakar sehingga menimbukan asap, dapat meningkatkan kesehatan mental.

10. Merangsang Perasaan Semangat
Ghee dapat digunakan untuk merangsang perasaan semangat, dikarenakan terbuat dari bahan yang dimurnikan dan terbaik. Beberapa masyarakat di asia selatan dan timur tengah, menggunakan ghee sebagai bahan makanan utama karena mereka percaya makanan ini sangat baik untuk meningkatkan semangat hidup tiap harinya.

11. Meningkatkan Mood Seksualitas
Berdasarkan penelitian, ternyata minyak samin dapat menstimulasi perasaan enak saat akan melakukan hubungan seks. Berkat kombinasi asam essensial, beberapa vitamin, serta omega-3, ghee mampu meningkatkan kualitas sistem reproduksi laki-laki ataupun perempuan jika dikonsumsi secara ruitn dalam makanan harian.

12. Meringankan Batuk Ringan dan demam
Sejak dulu ghee telah digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti batuk kering dan demam. Caranya giling jagung, dan daging sampai halus, lalu tambahkan ghee dan sedikit merica, campur. Nah, pasta ini dipercaya mengobati kedua penyakit tersebut bagi sebagian masyarakat di asia selatan.

13. Mengobati Luka Lecet, Berdarah Hingga Menghilangkan Rasa ‘Sakit Terbakar’ Di Kulit
Salah satu manfaat lain dari minyak samin yakni mentega ini dapat digunakan sebagai obat pada kulit yang lecet, tergores hingga berdarah. Masyarakat india kuno bahkan telah menggunakan ghee dalam pengobatan Ayuveda, dimana ghee digunakan sebagai obat oles paska operasi.

14. Meningkatkan Kesehatan Wanita Yang Sedang Hamil
Wanita hamil disarankan untuk menggunakan ghee dalam makanan hariannya dikarenakan minyak samin ini sangat baik untuk kesehatan janin. Keampuhan ini berasal dari asam essensial yang hanya terdapat di dalam ghee.

Bagaimana teman-teman tentang minyak Ghee dan manfaatnya ? semoga bisa membantu, kunjungi terus Web ini. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:03:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Translate Of English To Other